2017 in a post!

Desember 31, 2017

ternyata;
transformasi-transformasi yang gue pikir ilusi adalah asli.

Januari
Character Building dari Djarum jadi titik balik yang terima kasih menampar gue, ngingetin gimana sebenernya kekuatan gue bisa lebih lagi. bersyukur banget ini di awal tahun, mungkin kalau engga.. gue gila sendiri kali ngadepin tahun ini. terima kasih Batch 5, regu 10, semua pelatih, Cikole, dan semuanya! 

literally abis UAS semester 5 banget.
pulang dari Cikole, langsung ke Semarang saat itu. izin mendadak ke orang tua, surprisingly diizinin sama ortu gue. hasilnya.. pulang-pulang ada amanah baru. jadi Vice Director of Partnership. ehe, it almost a year.

National Congress XXII
Februari
masuk kuliah seminggu, gue langsung ke Surabaya buat Leadership Development. acara ini literally acara Djarum terakhir. sedih, jelas. gue ada di Batch 2 sama Diba, Acan, dan Bagus dari IPB. di LD tuh lebih dapet aja rasanya karena udah lebih banyak yang dikenal dan lebih sedikit orangnya. gapapa tiap hari dari jam 8 pagi sampai 10 maleman, ga tidur tapi harus nyiapin materi hari besoknya. seru banget sih parah. temen sekamar gue Anjini dari UNS dan Rayyan dari UNPAD, they were crazy; I mean this could not be as great as I felt without them. terima kasih sudah sangat mengerti gue dan ambis sarapan tiap pagi. hotelnya tuh hotel dari jaman Belanda, tebak ya seremnya kayak apa. gede banget, kamar mandinya lebih gede dari kamar kostan gue. bed gue ini extra bed jadi ada sekat gitu, sama bed mereka. gara-gara rombongan Jakarta tuh selalu telat dateng, kita dateng langsung mulai acaranya. jadi malem banget mau tidur, Anjini, Rayyan bantu narik bed gue deket mereka biar ga horor banget gitu sendirian. LD ini bener-bener di luar ekspektasi gue, yang gue dapet tuh s e b a n y a k itu dari nyiain materi tiap malem harus brainstorming ujung-ujungnya pulang larut banget ke kamar, debat, public speaking, pelatihan-pelatihan a e u i o huhuhuhuhu makin cinta sama Djarum. btw, di LD gue sebatch sama musuh-musuh yang berhasil ngepung gue pas CB wk:(


Batch 2 ku!
Regu Tahu Tek!
(Moses - Fani - Rizki - Dinar - Maida - Afu - Tasha - Kris)

Maret
akhirnya ketemu sama National Strategic Meeting, kali ini di Lombok. lokasinya ke pantai tinggal ngesot, jadi a s u p e r b r e a t h t a k i n g m o m e n t la.

all delegates!
NC kuuu komplit!
(Aqil - Kak Ay - Kak Syug - Afu - Kanza - Tambah)

beberapa hari setelah NSM, gue langsung ke @america. sampe Kak Dicky bilang "gue heran kok lu udah di sini aja, ga cape?"

stand IAAS di acara apa ya sampe lupa
(Dayut - Afu - Kak Ines - Kak Dicky)

ini life savers dari jaman semester 3 sampai sekarang. kayaknya bulan Maret deh terakhir ke PH guys:( wk
(Ade - Revo - Egie - Afu)
April 
jadi setelah semua part itu, akhirnya orang tua gue kembali menjadi orang tua gue yang biasanya. p o s e s i f. gue selama itu ga ikut liburan bareng, akhirnya dijemput paksa dari kostan pas lagi UTS buat ikut liburan. ini difotoin sama driver yang nganterin kita. tebak aja sendiri gue, nyokap, bokap, dan adik gue yang mana.


kayaknya ini juga bulan April deh, makan-makan dengan departemen terkaya saat itu HAHA Hanamasa, ku rindu. terima kasih EM untuk setahun sebelumnya, duit banyak banget ya elah ga habis-habis. sombong enak ya.

mejanya bersih, kita ga makan apa-apa kok.
(Afu - Rijka (penyusup) - Bang Eqoy - Bray - Yesha - Kak Ayda)
Mei
kayaknya selama Mei, banyak banget yang gue sempet lakuin tahun ini deh. ini waktu main ke kantor KokBisa, partner baru IAAS Indonesia mhihi huhe. asik kali ya kerja begini.

Salah satu happiness jadi VDP.
akhirnya dateng closing SMANSA DAY lagi, setelah beberapa tahun absen. janjian sama temen-temen cubaqu tentunyah, guest starsnya ada Nidji sama RAN. Asta tampan sekali, tak kuat. sayang, foto-fotonya kehapus wk sebel.

Rantai Emas!
gelap banget dua foto ini, tapi simply gue sebahagia itu ke Borneo for the first time, being speaker, ketemu banyak orang di sana. huehe. jadi, pas berangkat tuh gue boong gitu ke nyokap gue. gaboong juga sih, tadinya gue mau berangkat sama temen gue eeeeh ternyata dia ga bisa, akhirnya gue berangkat sendiri literally this is the first time for being a single traveler too. setelah drama cabut dari kelas tapi udah tanda tangan presensi, ngejar Damri, makan sendiri di bandara, nyokap gue shock pas gue bilang sendirian. ga mungkin cancel juga kan he. gue sempet ke beberapa tempat, di sana gue juga ketemu senior gue dari IPB yang jadi relawan Indonesia Mengajar dan bawa muridnya ya ampun. inner happiness could not be expressed anymore, I was beyond happy at that time, really.

di museum apa ya q lupa namanya.
lupa namanya siapa, they were totally cute when I asked for taking boomerang with me. tapi lupa gue simpen dimana.
bulan Mei juga gue foto studio sama Djarum IPB 32, teman-teman ambis panutanq.

kangen juga ya, biasanya tiap bulan ketemu.
Juni
salah satu blessing gue masuk IAAS adalah gabung di External. manusia-manusia digital. ga lengkap tapi seneng banget akhirnya buka bersama masuk dalam acara yang tidak wacana.

External IOP 22
dan tahun ini, nambah juga grup bala tapi faedah dikit yang albumnya isinya "belajar cuk"; "si aib"; "thx tubir". tiga ceue Bogor yang bisa kapanpun uring-uringan kalau terlambat pulang ke rumah. jadi waktu itu ceritanya perpisahan sekaligus buka bersama HAHA niat banget ni dari Dramaga ke Bogor sendu hujan rintik-rintik jalan kaki, makan barbar, ini ya sebenernya ada video aib temen gue ngebungkus makanan pake tisu sambil bilang "buat gue sahur besok", tapi kasian kalo dishare di sini. yang satu, makan rujak doang di Hanamasa. dasar horang khaya:(

bateng tapi ga bateng lagi.
(Afu - Dita - Rijka)
bulan Juni juga ultahqu dong wk. people come and go, but somebody were stay to keep me in their life. so do I. got some day+++++++++++ birthday's surprises and gifts. no pictures would be shared here ehe.

Juli
hidup gue bulan Juli cuma isi deg-degan, ribet praktik lapangan dan administrasinya doang. praktik lapangan literally bikin gue sangat merasa ciut untuk menatap masa depan huhihu. fokus gue ke limbah padat dan limbah B3, dari ikut ke perusahaan untuk pemeriksaan, gila ini seru banget sih parah he bisa tau seluk beluk kehidupan di Dinas Lingkungan Hidup dan perusahaan-perusahaan, ngeaudit manifest, baca peraturan pemerintah, undang-undang, ketetapan-ketetapan dsb egila mabu juga:' tapi yang menaungi gue ini sangat baik sih. gue selalu diajak kemana aja, sampe survey segala, jadi ini foto pas gue lagi survey bukan PL. ha.

di puncak, bukan di kantor.
Agustus
sebenernya hidup gue pas Agustus juga masih praktik lapangan, tapi gue sempet ke beberapa pameran. salah satunya ke pameran Abenk Alter di PP (foto yang atas) dan pameran di GalNas, sebenernya yang di GalNas itu gue ke pameran lukisan istana, tapi gue lupa naroh foto-fotonya dimana; jadi gue taroh aja foto di pameran sebelahnya. ehe. pas ke pameran Abenk Alter, gue sangat sengaja janjian sm Gening sih. kita naik kereta lalu jalan dari Stasiun Sudirman ke PP. nyam seneng banget! pas ke GalNas gue sama anak-anak Spensa alias Ape dan Rijka, terus kita turun di Juanda, pake tepok Djuanda dulu:( karena anaknya seneng jalan kaki, abis dari GalNas, jalan ke Ragusa makan otak-otak. dan ice cream. sebenernya banyak banget wish lists pameranqu tahun ini, apa daya jadwal gini banget...................... dan ga ada temen.

sebenernya fotonya banyak banget, tapi spot ini sangat gemayz.
Abenk Alter ini salah satu sosok suami idaman ya, lagu enak; lukisannya jg ntap.
itu bungkusan nasi dari kayu loh.
September
halo tingkat akhir! yang pertama, ada sidang PL. saking puyengnya gue ditanya pertanyaan basic "emang tebelnya berapa coba?" terus gue bilang lupa. hah. jadi laporan PLqu dan teman-temanqu ini dibuat buku! seneng banget coy akhirnya beneran nulis buku.... 1 bab. dear, temen-temen sebimbingan terima kasih sudah menjadi pemacu, pegiat, pengingat, dan penguat. tetep jadi kayak gitu ya sampe lulus wk:( sangat senang punya teman sebimbingan seperti Kris, Cila, Elsy, Agung, Ros, dan dosen pembimbing Pak Arief yang terntapsowl sejagad jurusan. semangat penelitian!

atas : Elsy, Cila, Pak Arief
bawah : Ros, Afu, Agung, Kris

kedua, ada pembinaan Duta Institut. pas lagi PL tuh tiba-tiba gue dichat dosen gue "selamat Afu....." ga lama kemudian Ibu sekretaris fakultas pun ngechat gue ehe degdegan dong lagi di ruangan. sebenernya gue pesimis dan nyaris mengundurkan diri. kurangajar banget ya anaknya. waktu itu gue lagi mabok ngurusin acara gue dan takut ga sanggup kalo harus jadi Duta which is being representative means being a model for everyone kayak tingkah laku, prestasi, dsb harus bener. dan gue jauh banget dari itu. sampe sekarangpun temen gue sering bilang "heh malu Duta". ampun. ga taunya, gue seseneng itu masuk ke circle ini ketemu HPH yang baiknya parah banget gila sih sampe bikin ga enak sendiri, ketemu manusia-manusia penyalur gosip 10 fakultas lainnya yang sangat inspiring. jadi di sini lah, gue sadar sesayang itu gue sama almamater ini karena lebih banyak tau seluk-beluknya,

abis pembinaan ke Botani bgt la ada acara IPB:")
gue juga dateng ke IYSCA, part dari Olympic. uw seneng.

NC di IYSCA tahun ini

Oktober
it gets real, doesn't it? ini foto di hari UAS terakhir. sedih gimana gitu.

ye slew jir, duit kita masih banya'
Youthagricareture! seneng banget bisa jadi speaker ngomongin IAAS, food waste, bahkan IPB ke diqadiq sekalian dan ketemu alumni juga!

aku dimana aku
Oktober tuh selalu jadi bulan terhectic, gue sempet jadi fasilitator juga di fakultas sebelah bersama mapres, duta, dan manusia-manusia tapsoul lainnya.

jia bannernya ga keliatan.
jadi ya pas acara itu, gue juga lagi nyambi di acara departemen juga aka ICEF. malemnya setelah itu semua gue ga tidur, nginep di AHN. gue sangat khawatir dan untungnya manusia-manusia ini mau menemani dengan alibi mereka "ntar kalo pulang gue ketiduran, ini tugas TGB belom". ah bilang aja mau nemenin aq.

jam 12an lewat ga sih ini?!
(Afu - Wawan - Bray)
di awal Oktober juga kayanya, gue sempet jadi moderator di temu alumni deh, lupa. tapi nemu fotonya nih huihi.


ini adalah acara terakhir yang bener-bener terakhir di Djarum pas welcoming beswan baru. tiap ngumpul sama mereka tuh seneng gitu loh karena dibalik kesengklekan itu semua, mereka ini mapres atau prestasinya tak terkira. hidupnya makan enak, rebutan makan enak, joget, gosip tapi diem-diem bau.

Beswan Djarum 32 & 33
di bulan Oktober, gue sempet ke pameran juga ternyata sama Dita menariq. ceritanya, kita ke Ruci's Art Space. harusnya kan ada Kopi Tuku di sana tapi karena lagi renov, tutup. hf sebel.

yg dishare ini aja biar penasaran.
November
tahun ini, bulan ini paling membahagiakan karena IAAS Summit selesai dengan baik sekali, senang? tentu! makasih banyak ya semua pihak yang membantu, support, dateng, dan semuanya. I am nothing without you, guys. really.


itu efek celana ya plis, kaki gue ga segede itu.
seminggu setelah IAAS Summit, gue ke Semarang lagi wk wk ke nikahan kakaknya Kak Irvan mhihi lah tapi di foto ini Kak Irvnya ga ada. jadi ya ceritanya kita ke sana naik kereta, eh taunya Kak Dins ini salah beli tiket jadinya kita ga hadap-hadapan lol emang rada-rada:( lalu sampe di sana ditolong sama ibu-ibu yang gabisa bahasa Indonesia, jadinya gue yang nanggepin. LAH. numpang mandi di rumah tantenya Kak Anis yang hacep abis, malemnya dibawa ke kedai kopi. harus kuakui ini kopinya enak banget parah. gue yang maagnya kambuh pun ga tega buat ga habisin karena enak banget:" bapaknya juga inspiring parah! bener-bener punya pemikiran yang edan sih gila, kita dapet 3 compliments dari bapaknya. nyam! kita sampe diusir halus gitu karena udah jam tutup tapi masih ngobrol sama bapaknya.

sebenernya senengnya sesederhana karena.. gue kehilangan sosok-sosok manusia seperti ini di Dramaga dan akhirnya gue main lagi sama mereka di saat gue bener-bener capek jadi ya simply seneng. tidur jam 5 pagi? sudah biasa, selalu gitu.

bosen ga sih tiap foto, dayut yang di depan?!
(Atas : Kak Col,, Kak Andrie, Kak Nesu, Kak Anis, Kak Yus, Kak Dins
Bawah : Dayut, Afu, Kak Anggi)
kedainya sederhana banget, tapi nyenengin!
manual brew at its best, couldn't resist to see Bapak again!
di balik itu semua, ada bayaran mahal yang gue tebus yaitu ga ikut demis. wk. alhamdulillah kelar! EM juga punya nilai tertinggi HAHA makasih ya semua!


guenya ga ada. jangan dicari.
ada pelantikanqu juga pas November! sangat terharu, gue dilantik Pak Herry di hari terakhir beliau tugas sebelum ada rektor baru terpilih. sedih gimana gitu, terima kasih untuk dedikasi 10 tahunnya Bapak! gue sampe berkaca-kaca baca LPJ beliau:')

akhirnya resmi.
Desember
ga terasa banget sih tiba-tiba udah Desember! gue sempet ke Jatiluhur (setelah terakhir SMP) buat praktikum:( tapi gila aja sih ternyata jadi sebagus ini..

Alpen lagi ga ditutup salju?
nginep External di Landhuis, esensi nginep di Landhuis? wk. uuu ketemu kadept 5 tahun.


home in persons at campus.
setelah wacana 2 dekade, akhirnya Bray menjawab hutang ga bisa bikin jargon ICEF 2016 HAHAHAHAHAHA gimana ya ICEF 2016, terutama orang-orang ini tuh punya hal yang gabisa gue deskripsiin. tahan akan amarah gue, bener-bener yang fight until the lowest point sampai hasilnya semenakjubkan itu. btw, pas baru beres makan tiba-tiba ada tragedi sinting yang bikin 2 manusia yang berdiri itu ternganga. duh gue juga kaget tapi ngakak sih.

kadiv BPH ICEF 2016
(- Yudi & Ketink yang udah mampu, ga perlu traktiran:()
 last, but not least akhirnya ketemu sayangqu since junior high school!

Gening - Afu - Maul - Dije
(- Vanda, Inne)
2017 means a lot for me, things I've never imagine before were happened! I couldn't ask for a better year than this. dari jatuh-bangun-jatuh mblusek-sampe perlahan-lahan bangun lagi, been there. untuk siapapun, thank you for all of helps and presence!

a 21 years old girl is being questioned about what her life supposed to be. please be kind, 2018!

You Might Also Like

1 komentar