hidup di usia 21

Oktober 13, 2017

promise no promises
- lirik lagu yang lagi gue denger.

semakin tua.. hidup semakin ngajak bercanda. kemarin, temen gue pingsan setelah final futsal 2 babak + extra time + penalti. gue dikasih tau sama junior yang tergopoh-gopoh lari ke tribun. saat itu, yang lari nyamperin dia cuma gue dan satu temen gue. ok.. gue mencoba “oh lagi pertandingan cowo” (yang pasti lebih seru, cepet, dan banting-bantingan). ok wajar. gue yang ga pernah ikut pmr atau pelatihan medis apapun literally panik karena penyakit temen gue ini a-z. dan medis di sana cuma ada 3 orang, 1 cowo, 2 cewe. yang cowo santi kek di pantai ngomong “kak bunga (boong deng, namanya bukan bunga) biasa gini kak tiap abis tanding. jadi udah biasa.” mau ngomel juga gimana ya. we will not ever know how critically someone can survive at that time. pas gue klarifikasi, dari sekian cabor dan pertandingan yang dia ikutin untuk turnamen ini, dia pingsan 2x. hari itu dan beberapa hari sebelumnya. bete sih. setelah itu, kita nyari mobil buat bawa dia ke kostannya karena dia ga mau dibawa ke rumah sakit/klinik deket kampus. well. gue narik napas dulu. temen gue ini ga kuat dong buat jalan, boro-boro jalan; dia kalo duduk, ngejambak rambutnya sendiri dan megangin punggungnya, nahan sakit. jadi ya.. ditandu. badan temen gue ini lebih besar dari gue. dari belakang ke depan arena pertandingan, yang ngangkat tandunya 4 cewe, 2 cowo. well…………. gue ga tahan banget actually. depan gue tuh bawanya dah miring-miring dan nyuruh gue ngelepas tandunya. gila kali nih anak. di tengah kepanikan, gue tetep mikir kesintingan orang-orang di sekitar, ya mungkin mereka lagi capek. sebel gue muncak ketika ada orang-orang yang cuma mau tau, yang “ooooh” sambil natap doang. do-ang. ok nih ceritanya dah nyampe kostan dia. gue nganter sama 2 orang, yang gue ga kenal siapa (junior gue, tapi gatau namanya sape). dia nangis-nangis ke gue sob, sambil megang tangan gue. anjir. gue lemah, mau nangis juga kan jadinya. dia minta maaf (bener-bener minta maaf) dan masih mikirin omongan orang-orang di luar in the midst of her sickness. terus gue keep calm and keep smiling, bilang “elah urusin badan lo dulu, biarinin aja sih”. sampe akhirnya gue balik lagi ke lokasi pertandingan tadi.

sampe tulisan ini dibuat, gue masih geleng-geleng kepala sama temen-temen yang ada di sana dan tau apa yang terjadi. kok kalian tega. i try to understand how disappoint you guys are. tapi tolong ah, ngerti kondisi. kok kalian tega sih ngebiarinin temen sendiri kayak gitu. mana sikap dewasa, solidaritas, dan arti keluarganya yang selalu diumbar-umbar kalo (simplenya) masih ngebiarin 4 cewe ngangkat tandu dan ga nemenin temennya yang sakit begitu :-)

hidup serius ga? engga. masih banyak yang nganggep hal-hal kemanusiaan dan kesehatan itu bercanda. mentingin diri sendiri. bersosial tapi ga punya jiwa sosial.

let this be a self reminder that being kind is limitless, to whoever. even they (maybe) have hurt you. karena gue adalah aliran orang-orang yang percaya kalau kebaikan tuh bisa dibalas sama siapa aja, kapan aja, dan dimana aja. mungkin, kebahagiaan yang kita dapet sekarang karena kita ngebahagiain orang lain. atau dibalik, mungkin efforts yang gagal dan rasa sedih yang lagi dialamin karena kita menolak diri kita buat ga berperilaku baik ke orang lain. ya ga?

dah ah, gamau serius-serius amat. belum waktunya. yah, salah sambung.

You Might Also Like

0 komentar