Juni 19, 2017

curcol bersama afu

hidup gue lagi terpuruk banget. ga deng, lebay. gue lg capek doang, terus gue off berhari-hari dari semua sosmed (enak banget ternyata woy). gue gaperlu capek-capek ngurusin deadline tugas kuliah yang kyk pup. YAALLAH AKU GA SABAR NGISI EPBM!!!!!!! semester ini terjahanam lahir batin.

“dzolim, simpen aja datanya sendiri”

chat ini bakal gue tunjukkin ke anak gue, sambil cerita “dulu ya hidup mama jaman kuliah kerjaannya nyatet, termasuk nyatet data praktikum. suatu hari mama ga ngolahin datanya karena datanya ketinggalan pas mama lagi ada acara, tapi datanya udah mama kasih ke temen-temen mama abis praktikum. mama pulang jam 11 malem, deadline laporannya jam 23.59. pas mama buka grup, ada satu temen mama bilang begitu. dosa apa mama.”

“iya, ntar gue aja yang ngerjain”

yaAllah rasanya lebih sakit hati dibandingkan ditinggal doi. dichat begitu pas malem-malem lu masih hectic ngelengkapin tubes, tiba-tiba ada temen lu yang kayak malaikat ngechat gitu. tapi ternyata ga dikerjain sampe h-2 jam tuh tubes dikumpulin, ujung-ujungnya lu lagi yang ngerjain. . . [ ini enaknya diapain nih temen begini ] gue sakit hati banget nih ceritanya, karena ni orang satu dari jaman semester 5 sekelompok sama gue tapi gitu kerjaannya. tirani gue bilang “kuda, emangnya yang punya kesibukan di luar kampus lo doang?!?!?!”. dalem hati doang. gue ga bakal marah beneran juga ke dia, jadi ya kerjaannya diback up sambil ngomel-ngomel dan menangosh sendiri. karena bulan puasa gue berdoa nih ceritanya biar gue dapet pas ngerjain tu bagian dia. pas gue panik tubesnya ga ada, dia santai banget jir internetan. yaAllah ni orang ga tau minta maaf sama kerja keras apa gimana sih yaAllah muka apa tembok:((((((( emosi banget kan terus gue nangis di depan alfamidi sambil minum teh botol padahal belum buka puasa. biadab bgt ya gue.

itu top two kehidupan menguras hati dari segi pertemanan, satu dan tiga sks yang ga cuma bikin gue ga tidur; tapi juga bikin musuhan. pas EPBM ntar gue juga ga sabar comment-comment dosen yang ngomong

“saya ga suka banget sama perubahan mendadak, ganti-ganti jadwal sesukanya.”

tapi………

“kuliah jadinya jam 9 ya, bukan jam 8”

dichat jam 7.45 yaAllah disangka aku ini apa yaAllah.

comment-comment dosen yang suka comment-commentin mahasiswa di depan kelas, commentin dosen yang seenaknya bikin jadwal pengganti, commentin dosen yang seenaknya ngerubah kesepakatan perkuliahan. JADWAL EPBM KAPAN SIH?!

beberapa hari lalu, gue ngobrol sama temen gue karena udah gemes banget ngurusin suatu hal ga kelar-kelar; ga ada ujungnya. gue sama tim gue ceritanya dikambing hitamkan (ea), pokoknya tiap ngomongin hal ini; gue sama tim gue diungkit-ungkit mulu. kesannya kayak kita tersalah sedunia. gitu ya manusia. gue juga manusia sih. karena gue ngerasa punya hak buat ngomongin ini ke temen gue, gue ngomong. fak. susah banget. pernah ga sih lo bukan cuma ada di dua sisi, tapi lo harus di posisi

1. tim lo
2. temen lo
3. independen
4. pengurus
5. cewe
6. cowo

itu dua terakhir kayak mustahil ya? tapi beneran. pas lo ga terima dijelek-jelekin; nyatanya lo jelek; tapi dia lebih jelek sih; tapi lo ga bisa ngomong. lo punya hak; tapi lo ga bisa nuntutnya karena perasaan ga enakan dan ga tegaan yang mendarah daging. singkat cerita, gue marah. padahal temen sendiri, tapi udah marah banget-banget-banget-banget tolong. nah karena gue gabisa mengekspresikan marah gue dengan baik, gue diem dong. sebenernya, gue latihan dulu buat ngomong sama temen gue ini. gue cuma mau bilang gini padahal

“kalo gue ga dihargai di posisi ini, lebih baik gue mundur. kalo menurut lo, dia bisa buat ngelakuin itu semua, lebih baik gue mundur. gue ga suka kerja kayak gini. berantakan.”

tapi tetep aja ye, gue gabisa. omongan gue jadi begini

“gue gemes aja, gue dianggep apa sih?”

cupu banget alamakjang. tapi temen gue panik sih. yes.

oiya, gue marah ke temen gue yang lain; bukan yang gue ajak ngomong ini. tapi temen gue yang gue ajak ngomong ini punya tanggung jawab di antara temen gue dan gue. hahapasikokribet. pokoknya, ya begitu.

hidup gitu ya, keras. semester ini makin keras sama kehidupan di luar aktivitas kuliah. mobilitas gue diuji. dulu, gue gapernah berani naik krl sendokir; sampe akhirnya sekarang kerjaannya lari-larian nguber kereta, nyari tiket murah, ngatur jadwal yang bujubuneng (ea najis bgt w). gue suka ga enak sih sama orang-orang udah janjian ketemu atau rapat, eh tiba-tiba gue harus kemana; tiba-tiba gue sakit; tiba-tiba nyokap gue ngajak kemana. fragile emang. tapi mau gimana lagi.

semester ini hati sama fisik lagi diuji banget ya kayaknya, semua yang keliatan deket terasa jauh; tapi, semua yang mustahil bisa jadi kenyataan. hikmahnya, gue lebih ngerti bersyukur sama sabar tuh kayak gimana. see, how far i will go; how rocky the track that will be climbed. lezgo!

yoi abis ni dari tumblr.


btw, kalo punya karya diambil tanpa izin sama temen sendiri tuh nyesek ya. apa lagi ga pake credit.

Tidak ada komentar: