April 17, 2014

UN SMA 2014

Hai. Abis UN nih. Mau buat surat dulu buat Pak Mendikbud. Ga sih, *lebay* cape tiap buka apapun isinya UN till die. Sebelumnya trainer di sekolah bilang hal yang sama juga. Nah jadi selama UN ini tuh gue sedikit banyak ngeretweet orang2 yang ghibah tentang UN. Sorry people calling "ghibah" phrase than "ngobrolin" is more fun. Nah di socmed lain, gue ngescreenshot curhatan anak anak tentang UN taun ini. NAH TAPI MAU TAU GAK? Selama 3 hari gue input keyword "Ujian Nasional SMA 2014" atau apapun yang berhubungan dengan itu, ga ada hasil yang memuaskan batin gue. Yang keluar cuma kayak "Download UN Tahun *sekian*" dan gitu terus. Sampe hari ini juga gitu. Kecewa maaaan. Nah buat yang belum tau UN tahun ini kaya gimana, berikut ya:

1. OUT OF SKL
Ini hal yang paling bikin gue kecewa. Kecewanya tiada tara. Lu bisa liat SKL UN disini; http://pak-anang.blogspot.com/2013/12/kisi-kisi-skl-un-2014.html Nah kalau mau gue ulas satu satu kepanjangan. Lagian ada yang belum UN juga kan? H3H3 Karena gue IPA, gue cuma bisa gibah yang ini. Poin ini paling dapet perhatian dari gue karena beda banget sama soal yang keluar cek aja nomer 1 poin 8 skl B. Indonesia, nomer 5 poin 1 skl Biologi, nomer 4 poin 2 skl Kimia. Ini jauh beda sama soal yang keluar di UN kemarin. Padahal disini dijelasin alur pembuatan soal UN (link) yang sangat ketat.

2. LJUN tidak baik.
Lu bisa baca disini (link) tentang LJUN. Kecewa. Lagi. Tiap gue ngehapus jawaban yang salah; itu gabisa bersih. Masih nyisa item-itemnya, selain itu juga garis buletannya yang warna pink itu ikut kehapus. Banyak LJUN temen gue yang kotor. Sedih banget. Di situs diatas ga dijelasin, cuma diceritain mekanisme pemindaian dengan kertas UN yang menurutnya bagus.

3. Politisasi soal UN.
Ini bikin kecewa banget. Bisa dibaca disini (link) Nah dari 6 mata pelajaran, tokoh tersebut muncul di 2 mata pelajaran berbeda. Sedihnya lagi, di pelajaran Bahasa Inggris tuh gue kira cuma topik teks yang kaya gue aja. Ternyata temen gue juga dapet! Teks kita beda topik, tapi tokoh yang dibahas sama dan condong ke nilai positif tokoh tersebut. Iya. Gue tau kok kita lagi pesta demokrasi kan? Ya tapi tolong lah soal ini kenapa bisa keluar? Disaat paket lain ngomongin keteladanan Einstein, soal lain bicara tokoh dalam negeri. Ga salah sih, tapi sensitif aja kalo liat kita semua lagi mau pemilu gini. Dan kayak hadir di saat yang pas, dimana angkatan gue jadi newbie dalam pemilu tahun ini.

4. UN Standar Internasional
Gapapa sih selama ada pemberitahuan terlebih dahulu. Tapi mbok ya bercermin dulu, sudah baikkah standar nasional yang diterapkan sampai berani untuk ke level jauh diatas kemampuan siswa-siswa itu sendiri. Ini pengakuan Pak Mendikbud (link) naaaah gue menyoroti kalimat "Kita ingin mengukur...." UN kan bukan untuk sekedar mengukur, Pak? Kenapa tidak diberitahukan sejak awal? Apakah manajemen pendidikan Indonesia sudah sebegitu baiknya, Pak? Apa sudah ada pemerataan pendidikan di negara ini, Pak?

Sebagai pelaku UN, gue sedih tak terkira. Karena hal ini lebih tepatnya (link) YA SIAPA JUGA YANG GAK SEDIH SEBAGAI SISWA KELAS XII. Motto kita berubah dari yang "Gue harus dapet nilai baik saat UN" jadi "Gue harus lulus". Ini ada screenshot dari ask.fm *maaf aku share tanpa izin hehe*




Lalu lelah kak, 3 kali UN kaya dimainin gini. UN SD pertama kali, dengan metode nyilangin pada buletan namanya UASBN. Dilanjutin ke UN SMP dengan metode 5 paketnya dan perhitungan nilai US + UN untuk kelulusan. Serta UN SMA yang tiba tiba taraf Internasional. Sungguh aku lelah dipermainkan:(
Udah ah. Maaf, gue cuma curhat panjang lebar daritadi. Doakan hasil UN nya sebaik-baiknya baik ya buat 2014 squad #akrab. Btw bye bye dulu sama ini;




XO,
Peserta UN SMA 2014


Tidak ada komentar: